Unsur pokok dalam pembelajaran Bahasa Arab

1- Pengajar (المُعَلِّم)

2-Pembelajar(المُتَعَلِّم)

3-Bahan ajar (مَادّةُ التَّعلِيم)

4-metode (الطَّرِيقَة )

5-media (الوَسَائِل)

 Peran-peran ini mesti berjalan sinergis sebagai penjabaran pendekatan komunikatif. 

1. Pengajar (المُعَلِّم)

 Pengajar ialah orang yang berperan sebagai pihak yang memberikan ilmu pengetahuan,informasi, pelatih bagi keterampilan-keterampilan tertentu.

 Pengajar Bahasa Arab harus mampu memaknai pembelajaran komunikatif sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas keterampilan berbahasa.

2. Pembelajar (المُتَعَلِّم)

 Pembelajar ialah orang yang aktif mengembangkan diri, melakukan perubahan mencapai kematangan dalam berbahasa.

 Upaya perubahan ini dengan melakukan aktivitas belajar: pendengaran (al-sam' /audio), penglihatan (al-bashar/visual), lisan (al-lisan), gerak (al-harakah/motor), dan mental ('aql). 

3. Bahan Ajar (مَادَّةُ التَّعلِيْم)

 Bahan ajar adalah apa-apa yang disampaikan atau diberikan oleh pengajar kepada pembelajar, berupa ilmu, informasi, keterampilan dan atau sikap.

 Bahan ajar memiliki posisi penting dalam pembelajaran, yaitu sebagai representasi dari penjelasan pengajar.

 Bahan ajar secara umum ada empat:

- Ilmu pengetahuan (al-'ilm): teori, definisi, informasi, petunjuk.

-Keterampilan (al-maharah): berpidato, bernyanyi, berdiskusi.

-Sikap (al-maugif): menghargai, menerima.

-Perilaku (as-suluk): melihat, menggunakan, membantu.

 Sedangkan sumbernya ada dua, yaitu bahan ajar cetak dan bahan ajar non cetak. 

4.Metode (الطريقة)

 Metode berarti cara sistematis dalam menyampaikan materi pelajaran, dalam metode diperlukan langkah aplikatif yaitu teknik yang sifatnya aplikatif kondisional. 

 Aplikatif karena berkaitan dengan aplikasi langsung pada karakteristik materi pelajaran.

Kondisional karena teknik tergantung pada berbagai kondisi pengajar, pelajar lingkungan dan sebagainya.

 Dalam keterampilan bahasa Arab, karakteristik empat keterampilan itu berbeda, maka tidak mungkin diajarkan atau dilatihkan dengan teknik yang sama.

5.Media (الرَسَائِل)

 Media apa-apa yang digunakan untuk mempermudah penyampaian bahan ajar kepada pembelajar.

 Media pembelajaran tak terbatas jumlah dan bentuknya.

-Media pembelajaran terdiri dari: Benda fisik dan Bahasa Benda fisik (gambar, benda dan lainnya), Bahasa (ucapan atau kata-kata)

-Media pembelajaran dibagi menjadi tiga:

a. Media Audio (الوَسَائِلُ السَمعِيَّة) : Televisi, lab Bahasa

b. Media Visual (الوَسَا ئِلُ السَّمعِيَّة): gambar, papan tulis, proyektor

c. Media Audio Visual 

(الوَسَائِلُ السَّمعِيَّة البَصَرِيَّة): televisi, film, lab. bahasa

 Aplikatif karena berkaitan dengan aplikasi langsung pada karakteristik materi pelajaran. Kondisional karena teknik tergantung pada berbagai kondisi pengajar, pelajar lingkungan dan sebagainya.

 Dalam keterampilan bahasa Arab, karakteristik empat keterampilan itu berbeda, maka tidak mungkin diajarkan atau dilatihkan dengan teknik yang sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel