Strategi pembelajaran Bahasa Arab
Pentingnya strategi pembelajaran keterampilan berbahasa Arab terkait dengan penggunaan bahasa itu secara aktif.
a.Keterampilan menyimak bersifat reseptif. Pembelajarannya harus melibatkan kegiatan menyimak murni, visual dan lainnya.
b.Keterampilan berbicara bersifat produktif, Pembelajarannya harus diupayakan untuk mencapai kemudahan berbicara, kejelasan, membentuk pendengaran yang kritis.
c.Keterampilan membaca bersifat reseptif. Pembelajarannya disarankan untuk melatih kemampuan melafalkan bahasa dan memahami apa yang dibaca
d.Keterampilan menulis bersifat poduktif, Pembelajarannya harus dimulai dari pelatihan membentuk rupa tulisan (al-imla) hingga pelatihan menuangkan pikiran dalam tulisan (al-insya')
Produktif bahasa yang dihasilkan oleh manusia, menulis dan berbicara. Reseptif pemaknaan simbol, lambang bunyi bahasa atau kemampuan untuk memahami bahasa lisan yang didengar atau dibaca.
a.Pembelajaran Keterampilan Menyimak
•Keterampilan menyimak bersifat resepti,namun penyimak berperan penting dalam menemukan sesuatu yang penting dari apa yang disimak. •Menyimak tidak hanya mendengar tapi harus mampu memahami
•Melatih menyimak dapat dilakukan dengan pemberian tugas-tugas menyimak, seperti menyimak sebuah teks.
Teks yang disimak memiliki tiga tingkatan :
1. Teks Statis
Yaitu teks yang memaparkan objek, memberikan petunjuk arah kepada seseorang
2. Teks Dinamis
Yaitu teks yang mendeskripsikan sebuah insiden atau menceritakan sebuah kisah, contohnya teks yang menceritakan anggota keluarga
3. Teks Abstrak
Yaitu teks yang memfokuskan pada pendapat dan keyakinan, contohnya pidato politik, bincang-bincang talk show.