.

 Pembelajaran membaca mencakup beberapa teori dan metode yaitu sebagai berikut:

1. Metode harfiah 

 Di sebut juga metode abjadiah, alfabet atau hijaiyyah. Dalam metode ini guru mengajarkan huruf-huruf hijaiyyah satu persatu, dan murid membaca ketika melihat huruf, setelah itu murid mulai belajar membaca suku kata, dan selanjutnya kata. 

2. Metode shauthiyyah 

 Metode ini hampir sama dengan metode harfiah, akan tetapi bedanya dalam susunan pengajaran :

a.Diajarkan bunyi huruf-huruf yang berharakat fathah.

b.Diajarkan bunyi huruf-huruf yang berharakat dlammah.

c.Diajarkan bunyi huruf-huruf yang berharakat kasrah.

d.Diajarkan bunyi huruf-huruf tanwin dengan fathah.

e.Diajarkan bunyi huruf-huruf tanwin dengan dlammah.

f.Diajarkan bunyi huruf-huruf tanwin dengan kasrah.

g.Diajarkan bunyi huruf-huruf bersyaddah fathah, dlammah dan kasrah.

h.Diajarkan bunyi-bunyi huruf bersukun 

3.Methode Maqthaiyyah

 Metode ini memulai pengajarannya dari satuan yang lebih besar dari huruf atau bunyi. kemudian bedanya di metode ini di kenalkan juga huruf-huruf mad.

4. Metode Kulliyah

 Dalam metode ini murid di ajarkan kalimat terlebih dahulu, baru kemudian di ajarkan huruf-huruf yg menyusun kata tersebut.

5. Metode integratif 

 Metode ini menggabungkan metode yang satu dengan yang lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel