Kisi-kisi UAS Ketarampilan bahasa Arab 1 2023
1.Silahkan baca materi yang berkaitan dengan keterampilan berbicara
2. Baca dan Pelajari dua teks bahasa Arab tentang Al Quran yang minggu lalu sudah dipelajari di kelas
3.Latihan menulis dan mengarang dengan mendeskripsikan sesuatu dengan bahasa arab
Catatan :
Sebelum mengerjakan, baca perintah soal dengan teliti ya
Mudah mudahan semuanya di mudahkan dalam mengerjakan UAS dan mendapat nilai terbaik di semua mata kuliahnya aamiin
Jawaban
Keterampilan Berbicara
•Konsep Dasar Keterampilan Berbicara
- Batasan, Tujuan dan Prinsip Berbicara
∆Batasa Berbicara :
Kemampuan menggunakan bahasa lisan sebagai sarana untuk mengatakan sesuatu yang terlintas dalam pikiran.
∆Tujuan keterampilan berbicara :
1. Memberitahukan, melaporkan
2. Menjamu, menghibur dan
3. Membujuk, mendesak, meyakinkan
- Aspek-aspek Keterampilan Berbicara
1. Keterampilan fonetik (Almaharoh annatqiyyah) yaitu kemampuan membentuk unsur-unsur fonetik bahasa secara tepat.
2. Keterampilan vokal (Almaharoh asshothiyyah) yaitu kemampuan untuk menciptakan efek emosional yang diinginkan dengan suara yang baik.
3. Keterampilan semantik (Almaharoh Addilaliyah) yaitu kemampuan untuk menggunakan kata-kata dengan tepat.
4. Keterampilan sosial (Almaharoh alijtima'iyyah) yaitu kemampuan berpatisipasi dalam hubungan masyarakat.
∆Prinsip Berbicara
~Paling sedikit dua orang
~Menggunakan sandi linguistik yang dipahami bersama
~Mengakui makna pada kata yang diungkapkan
~Suatu pertukaran informasi
- Proses Berbicara
a. Simulasi -faktor pendorong (الإستشارة)
b. Berpikir (التفكر)
c. Pembentukan simbol ujaran (الصياغة)
d. Pengucapan ( النطق )
- Seni Berbicara
•Pembelajaran Keterampilan Berbicara
- Merancang Tugas Belajar Berbicara
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam merancang tugas pembelajaran berbicara adalah metode memadukan gagasan atau brainstorming.
Tugas pembelajaran berbicara dapat dirancang dengan menggunakan teknik pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran, seperti teknik bermain peran , teknik simulasi, teknik diskusi, dan teknik presentasi.
- Proses Pembelajaran Berbicara
Proses pembelajaran berbicara meliputi beberapa tahapan,di antaranya adalah mempersiapkan situasi, kondisi, sarana,dan prasarana untuk proses pembelajaran, mendengarkan pengantar guru tentang tujuan pembelajaran , dan mengembangkan proses keterampilan butir-butir.
- Pengayaan materi dan penilaian keterampilan berbicara
Pengayaan materi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang relevan dengan tujuan , memudahkan siswa memahami materi pembelajaran , mengembangkan butir-butir keterampilan proses, dan merangsang siswa untuk belajar.
Salah satu contoh teknik pengayaan materi dalam pembelajaran keterampilan berbicara adalah teknik bermain peran atau role playing.
Sedangkan penilaian berbicara dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik penilaian, seperti observasi, tes lisan, dan penilaian diri.