Rancangan Proses Pembelajaran
Untuk meningkatkan keterampilan membaca, pengajar hendaknya melakukan beberapa hal:
a. Menolong para pembelajar memperkaya kosakata dengan mengenalkan aspek-aspek penting bahasa
b. Membantu pembelajar untuk memahami makna struktur yang diajarkan dengan cara memperbanyak contoh dan latihan
C. Jika diperlukan pada tingkat dasar, pengajar bisa memperkenalkan unsur-unsur gaya bahasa, peristilahan, kata-kata pepatah, dan sebagainya
d. Memastikan pemahaman pembelajar tentang struktur kalimat yang diajarkan dengan memberi variasi kalimat yang sama, seperti dari kalimat berita ke kalimat perintah, larangan. Demikian juga membiasakan penerapan kalimat sesuai konteks dan situasi.
Melatih Pembelajar untuk membaca cepat, misalnya dengan memberi durasi waktu tertentu dalam membaca beberapa kalimat atau paragraf.
Keterampilan menulis dalam bahasa Arab yang harus dilatihkan kepada para pembelajar ada berapa bentuk, dari sekian bentuk tersebut terdapat tiga bentuk yang paling penting untuk dilatihkan,yaitu :
1. Imla' (Dikte)
Bentuk ini dilatihkan agar pembelajar mampu menulis huruf sampai kalimat dengan menekankan berupa tulisan sehingga jelas sisi-sisi ketepatan visualisasinya.
2. Kaligrafi (Al-Khath)
Bentuk ini dilatihkan agar pembelajar mampu menulis dengan indah secara visual
3. Mengarang (Al-Insya)
Bentuk ini dilatihkan agar pembelajar mampu mengungkapkan isi pikiran bentuk tulisan.Bentuk ini berorientasi pada keterampilan mengarang.
Elemen Desain Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab
A.Tujuan
1. Mempelajari keterampilan Bahasa Arab dilakukan karena tuntutan kurikulum sekolah
2. Mempelajari keterampilan Bahasa Arab untuk meningkatkan kualitas hidup.
3. Mempelajari keterampilan Bahasa Arab agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat pemilik bahasa Arab
4. Mempelajari keterampilan Bahasa Arab terkait dengan kemampuan menangani bidang-bidang khusus
5. Mempelajari keterampilan Bahasa Arab untuk memperdalam budaya Arab
B.Silabus
Silabus adalah garis-garis besar program pembelajaran yang mencakup pola-pola kegiatan dan materi pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Prinsip silabus komunikatif: Pembicara, Mitra bicara, Topik yang dibicarakan, Tujuan yang hendak dicapai, Waktu, Konteks dan situasi, Jalur/modus dapat diartikan sebagai bentuk bahasa yang digunakan. (Dalam hal ini terdapat dua jalur yaitu lisan dan tulis),Media, peristiwa.
C.Aktivitas Pembelajaran
•Aktivitas Lisan
a. Mencapai kesepakatan contohnya: as-siyahah (berwisata), iyadatul maridh (menengok orang sakit)
b. Diskusi (al-munadzarah)
c. Memberi perintah (al-amr)
d. Permainan komunikasi (la'b al-Ittishal)
e. Penyelesaian masalah (hill al-musykilat)
Berkata dengan diri sendiri (al-qaulan nafs)
Simulasi dan bermain peran (al-muhakah)
•Aktivitas Tulis
a. Memberi perintah (al-amr)
b. Menulis laporan dan Iklan (at-taqrir dan al-l'lan)
c.Menulis kelompok (al-kitabah al-musyarakah)
d. Bertukar surat (tabdil al-khitab)
e. Menulis Jurnal (a;-majallah)